Wednesday 3 October 2018

thumbnail

Kuliner Kota Tegal yang wajib di nikmati

Jika anda bertempat tinggal di Ibu Kota, Jakarta pasti banyak menemukan (warteg) warung tegal. Kota Tegal memang khas dengan warung yang menyuguhkan makanan rumahan dan dikenal dengan harga yang terjangkau atau murah.

Bukan hanya dikenal dengan warung tegal saja, kota Tegal ternyata memiliki jenis kuliner yang bermacam dan pastinya memanjakan lidah.
Kupat Glabed
Kupat Glabed adalah salah satu makanan khas Kota Tegal yang tidak akan kamu temui di kota lainnya. Artinya, kamu wajib mencicipi kuliner satu ini jika berkunjung ke Kota Tegal. Kupat Glabed adalah salah satu makanan dengan kuah santan yang enak, nikmat, lezat disantap bareng kerupuk keriting. Ternyata komposisi kuah Kupat Glabed ini terbuat dari santan dan tepung maizena.
Warung yang menjadi favorit adalah di depan Stasiun Besar Kota Tegal, Jenis kuliner ini banyak berjejer di Alun-alun Kota Tegal, kamu bisa menikmati salah satu warung yang menjual menu Kupat Glabed. Jangan lupa, kuliner Kota Tegal yang satu ini biasanya dipasangkan dengan sate Blengong. Rasanya bikin YESSSS YOUUUUU


Tahu Aci
Sering disebut juga dengan Tahu Kota Tegal atau Tahu Kuping, Tahu Aci terbuat dari tahu kuning yang berbentuk segi empat yang dibelah dua secara melintang, dimana adonan yang terbuat dari aci atau disebut  tepung kanji, potongan daun kucai dan beberapa bumbu lainnya. Belum lengkap rasanya berkunjung ke Kota Tegal jika belum mencicipi Tahu Aci.
Konon katanya, tahu kuning ini ternyata banyak diproduksi di daerah kota Tegal saja. Oleh karena itu Tahu Aci hanya bisa  ditemukan di kota Tegal. Nahh, Tahu Aci yang terkenal dijual di pusat oleh-oleh khas Kota Tegal Tahu Murni yang ada di Jalan Raya Adiwerna, Banjaran.

Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul
Jangan lupakan yang satu ini SATE KAMBING, orang berpendapat bahwa kota Tegal juga sangat khas dengan kuliner sate kambingnya. Konon daging kambing identik dengan rasa yang kenyal, namun rasa ini sangat bergantung pada kambingnya. Semakin muda usianya maka semakin empuk rasanya begitu sebaliknya.
Balibul punya makna yaitu singkatan dari 'bawah lima bulan', sedangkan Batibul maknanya yaitu  singkatan dari 'bawah tiga bulan'. Nah, biasanya favorit masyarakat Kota Tegal adalah warung yang menyediakan sate kambing Balibul atau sate kambing Batibul.
Kamu bisa datang ke Warung Sate Sari Mendo yang bertempat di Jalan Kapten Sudibyo dan Jalan KS. Tubun Kota Tegal, sepanjang daerah ini lebih dikenal dengan daerah Tirus.



Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments